Skip to main content

RESENSI BUKU “ HAPPY LITTLE SOUL”



Penulis : Retno Hening Palupi
Penerbit : Gagas Media
Editor  : Tesara Rafiantika
Ilustrasi : Isnina Aryani Hasanah dan Alzaena Ulya Rusdimi
Ukuran : 13 x 19 cm
Jumlah Halaman : xiv + 202 halaman (berwarna)
Jilid   : soft cover
ISBN    : 978-979-780-886-0
Tahun Terbit    : 2017

Berkisah tentang seorang ibu berdarah Indonesia yang tinggal di Muskat, Oman, yaitu Retno Hening. Ibuk adalah sapaan baginya. Melahirkan seorang anak yang lucu nan pintar bernama Kirana. Sebelum melahirkan seorang bayi mungil ini, ternyata ibuk pernah hamil tetapi keguguran. Allah berkehendak lain dan memberikan anak “ajaib” bagi ibuk.
Lahirnya seorang Kirana tentunya memberikan kebahagiaan tersendiri dalam keluarga kecil ibuk. Namun, di balik keceriaan tersebut, ternyata Kirana mengidap dermatitis atopi atau eksim sehingga ibuk harus menjadi ibu yang sabar dan siaga bagi Kirana. Buku ini lebih menceritakan mengenai cara asuh seorang ibuk terhadap Kirana. Tutur kata ibuk yang lembut dan sopan menurutku sangat berdampak positif bagi Kirana. Anak yang ceria, cerdas, dan tidak pernah berkata kasar. Ibuk menceritakan kisahnya dari pengalaman hamilnya hingga pola asuh terhadap Kirana hingga 3 tahun. Selain itu, buku ini juga menyajikan beberapa permainan DIY (Do It Yourself) yang dapat dibuat sendiri. Resep makanan yang sehat dan bergizi bagi seorang balita juga menjadi bagian dari buku ini. 
Saya suka dengan tampilan buku ini, kertasnya berwarna-warni dan disertai dengan ilustrasi Kirana dan ibuk di beberapa bagian. Gambar ilustrasinya menurutku sangat kreatif, mirip dengan aslinya. Di beberapa bab, ibu juga kadang memberikan tips & trik yang berhubungan dengan pola asuh balita. Bahasanya juga sangat mudah dimengerti.
Kekurangannya terkadang beberapa cerita terulang di bab selanjutnya. Alur cerita kadang tidak berurutan dari umur sekian bulan hingga sekian tahun Kirana, agak random sedikit. Perlu ditambahkan gambar pada tips permainan dan resep kue agar ada gambaran dalam membuatnya. 
“ Life is an adventure. Cerita petualangan ibuk dan Kirana di Happy Little Soul” ini dapat mengajak kita semua (kakak, adik, orangtua, calon ayah atau ibu, dan sebagai apa pun perannya) untuk belajar hal-hal sederhana mengenai kasih saying dan bersama mewarnai kehidupan dengan lebih baik” – Retno Hening

Comments

Popular posts from this blog

(Resensi) Novel Senja & Pagi - Alffy Rev & Linka Angelia

Cover buku 'Senja & Pagi' Penulis                        : Alffy Rev & Linka Angelia Penerbit                       : Loveable x Bhumi Anoma Penyunting                  : Dana Sudartoyo Pendesain Sampul       : Adji Waseso & Wirawinata Penata Letak                : DewickeyR Ukuran                         : 13 x 19 cm Jumlah Halaman          : 200 halaman Jilid                              : soft cover ISBN                            : 978-623-7211-00-6 Tahun Terbit                 : April 2019 "Katanya, rindu itu berat. Tapi bagi saya, 'rindu' itu tanggung jawab besar. Harga sejati yang harus dibayar untuk mengungkapkan kerinduan adalah menghalalkanmu"- Alffy Rev. Ketika dua sejoli mempunyai background yang sangat berbeda. Satu fokusnya di musik, satunya seprti anak seumuran lainnya mengikuti jenjang pendidikn, kuliah dan kerja. Namun, suatu ketika dipertemukan dalam satu projek yang sama untuk menemukan sosok pag

RESENSI BUKU "REACH YOUR DREAMS" WIRDA MANSUR

Allah Dulu, Allah Lagi, Allah Terus Keluarga Tak Akan Pernah Tergantikan When Someone Hates You  How to be a good teenager Raih Dunia Lewat Alquran  Beberapa poin di atas adalah gambaran isi dari buku penulis Wirda Mansur ini. Bagaimana seorang remaja  yang dimasa kecilnya justru memutuskan untuk tidak melanjutkan bangku sekolah di tingkat SMP. Wirda berkeyakinan untuk menjadi seorang penghafal Qur'an di usia dini. Namun, siapa yang menyangka bahwa awal mula Wirda memutuskan untuk berhenti sekolah sebenarnya adalah karena mata kuliah matematika yang sangat menyusahkan. Wirda berkeyakinan bahwa hal tersebut adalah keputusan yang tepat. If there is a dream, there is a life. Lewat buku ini, Wirda berbagi semangat kepada pembaca untuk selalu percaya bahwa akan ada selalu jalan untuk impian, bahwa jalan impian tidak harus selalu mahal. Bahkan GRATIS! "Raih Dunia lewat Alquran". Itu prinspnya.

Resensi Anak Rantau

Penulis                        : Ahmad Fuadi Penerbit                       : PT. Falcon Penyunting                  : Edy Sembodo Ilustrasi Sampul          : Rio Sabda Ilustrasi Peta                : Hadi Santoso Ukuran                         : 14 x 20.5 cm Jumlah Halaman          : 382 halaman Jilid                              : soft cover ISBN                            : 978-602-60514-9-3 Tahun Terbit                 : Juli 2017