Skip to main content

Resensi "Berjalan di Atas Cahaya"

Judul : Berjalan di Atas Cahaya
Jenis buku : Novel Perjalanan & Religi
Pengarang : Hanum Salsabiela Rais, dkk
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Halaman : xii + 210 halaman
Tahun terbit : 2013

Berjalan di Atas Cahaya adalah novel lanjutan 99 cahaya di langit Eropa hasil karya Hanum Rais.
Menceritakan mengenai perjalanan beberapa Muslimah yang sedang melanglang buana di benua biru dan menjadi agen muslimah di negeri yang berminoritas kaum Islam.
Bagaimana jadinya jika seorang ibu tua mengatakan bahwa Indonesia adalah negara teroris ? Bagaimana jadinya jika teman sekuliahan bahkan teman sekelas kita, menganggap diri ini sebagai orang aneh yang kerjanya hanya berdoa setiap saat ? Bagaimana jadinya jika agama kita, Islam dipelesetkan dengan kata His-Slam ? Tentunya ada perasaan mencengangkan bagaikan kilat dan guntur menghampiri diri ini, membuyarkan segalanya. Berbagai pertanyaan tersebut hanya bisa kita jawab dengan balasan tidak berupa mencaci maki atau bahkan membalas dengan Slam sebagaimana orang itu katakan. Cukup dengan balasan sebuah senyuman, menebarkan benih-benih kebaikan kepada lingkungan sekitar kita, ataupun pilihan untuk tidak berkata apapun. Diam itu lebih baik daripada berbicara namun membawa malapetaka. Sesungguhnya diam adalah emas dan berkata baik adalah berlian. Pertanyaan itu akan terjawab dengan sendirinya seiring berjalannya waktu.
Tidak hanya keanehan dan kelangkaan peristiwa itu diceritakan dalam novel ini, tapi juga budaya-budaya bangsa Eropa bermayoritas non muslim yang telah mengaplikasikan nilai moral kedisiplinan, kejujuran, dan nilai kebaikan lainnya yang mungkin jarang kita temui di negara berpenduduk muslim terbesar di dunia. Kedai bunga yang menawarkan transaksi kejujuran membuat warga Austria mengimplementasikan budaya kepercayaan ini. Salah sedikit, ujung-ujungnya akan membawa kerugian. Tapi, tidak untuk kedai bunga tersebut, dengan mengandalkan kepercayaan penjual dan pembeli. Hal itu sangatlah mudah terjadi plus mendatangkan keuntungan. Mungkin ini hanya satu dari sekian banyak kejadian lainnya.
Novel ini mengisahkan perjalanan spiritual seseorang dari berbagai negara, salah satunya adalah Austria. Penulis terkadang menuliskan beberapa dialog dalam bahasa Jerman yang merupakan bahasa resmi warga Austria. Membuat kami terbawa ke dalam dunia mereka meskipun sulit untuk dipahami. Buku ini di desain lebih menarik karena banyaknya gambar-gambar para tokoh yang berperan di dalamnya, membuat kita tidak penasaran lagi dengan rupa dan suasana kehidupan di sana, walaupun gambar yang dibuat tidak berwarna.
Hidup adalah bagaimana kita berperan di dalamnya dan bagaimana proses kejadian itu dapat terjadi dimana manusia adalah pemeran utamanya. Sebaik-baik manusia adalah mereka yang bermanfaat bagi orang lain.
Untuk mereka yang terus berjalan di atas cahaya….

Comments

Popular posts from this blog

(Resensi) Novel Senja & Pagi - Alffy Rev & Linka Angelia

Cover buku 'Senja & Pagi' Penulis                        : Alffy Rev & Linka Angelia Penerbit                       : Loveable x Bhumi Anoma Penyunting                  : Dana Sudartoyo Pendesain Sampul       : Adji Waseso & Wirawinata Penata Letak                : DewickeyR Ukuran                         : 13 x 19 cm Jumlah Halaman          : 200 halaman Jilid                              : soft cover ISBN                            : 978-623-7211-00-6 Tahun Terbit                 : April 2019 "Katanya, rindu itu berat. Tapi bagi saya, 'rindu' itu tanggung jawab besar. Harga sejati yang harus dibayar untuk mengungkapkan kerinduan adalah menghalalkanmu"- Alffy Rev. Ketika dua sejoli mempunyai background yang sangat berbeda. Satu fokusnya di musik, satunya seprti anak seumuran lainnya mengikuti jenjang pendidikn, kuliah dan kerja. Namun, suatu ketika dipertemukan dalam satu projek yang sama untuk menemukan sosok pag

RESENSI BUKU "REACH YOUR DREAMS" WIRDA MANSUR

Allah Dulu, Allah Lagi, Allah Terus Keluarga Tak Akan Pernah Tergantikan When Someone Hates You  How to be a good teenager Raih Dunia Lewat Alquran  Beberapa poin di atas adalah gambaran isi dari buku penulis Wirda Mansur ini. Bagaimana seorang remaja  yang dimasa kecilnya justru memutuskan untuk tidak melanjutkan bangku sekolah di tingkat SMP. Wirda berkeyakinan untuk menjadi seorang penghafal Qur'an di usia dini. Namun, siapa yang menyangka bahwa awal mula Wirda memutuskan untuk berhenti sekolah sebenarnya adalah karena mata kuliah matematika yang sangat menyusahkan. Wirda berkeyakinan bahwa hal tersebut adalah keputusan yang tepat. If there is a dream, there is a life. Lewat buku ini, Wirda berbagi semangat kepada pembaca untuk selalu percaya bahwa akan ada selalu jalan untuk impian, bahwa jalan impian tidak harus selalu mahal. Bahkan GRATIS! "Raih Dunia lewat Alquran". Itu prinspnya.

Resensi Anak Rantau

Penulis                        : Ahmad Fuadi Penerbit                       : PT. Falcon Penyunting                  : Edy Sembodo Ilustrasi Sampul          : Rio Sabda Ilustrasi Peta                : Hadi Santoso Ukuran                         : 14 x 20.5 cm Jumlah Halaman          : 382 halaman Jilid                              : soft cover ISBN                            : 978-602-60514-9-3 Tahun Terbit                 : Juli 2017